page contents

Beberapa alasan kenapa orang menurunkan berat badan dan mencari refrensi cara diet sehat ? supaya sehat, terlihat cantik, bentuk tubuh langsing dan lainnya. Salah satu alasan orang melakukan diet adalah berat badan atau obesitas. Obesitas sendiri terjadi karena tubuh menyimpan terlalu banyak lemak. Selain berpengaruh pada penampilan, obesitas juga dapat membuat seseorang rentan terkena penyakit tertentu, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan resiko serangan jantung. Untuk itu, ada beberapa jenis pilihan diet yang bisa diambil. Berikut ini cara diet sehat untuk menurunkan berat badan ?

Diet Rendah Lemak

Diet rendah lemak bukan berarti tidak mengkonsumsi semua jenis makanan yang memiliki kandungan lemak sama sekali. Sebab, perlu diingat bahwa tubuh yang sehat juga membutuhkan lemak. Lemak dalam tubuh bisa menjadi sumber energy agar kita bisa melakukan beragam aktivitas. Setiap harinya, tubuh membutuhkan asupan lemak sebanyak 30-35% dari total kalori yang ada.

Ketika memilih program diet ini, anda dituntut unutk menghindari makanan yang banyak mengandung lemah jenuh seperti gorengan. Sebagai alternatifnya, anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan dan semua jenis ikan laut.

Baca juga artikel : Makanan Diet Sehat Rendah Lemak

Diet Rendah Karbohidrat

Selain rendah lemak, diet rendah karbohidrat dapat kita jadikan sebagai alternative kedua. Hanya saja, ini ini bisa membuat kondisi tubuh menjadi sering kehilangan keseimbangan. Sebab karbohidrat sendiri memiliki fungsi sebagai sumber energy bagi tubuh.

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir. Sebab, masalah tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin B dan serat yang diyakini dapat mengembalikan keseimbangan tubuh yang hilang. Anda juga dapat memanfaatkan beberapa menu pengganti dengan karbohidrat kompleks yang terdapat pada biji-bijian.

Salah satu jenis biji-bijian yang dapat anda pilih adalah oat meal. Oat meal bisa anda jadikan sebagai menu sarapan rendah karbohidrat di pagi hari. Selain memiliki kandungan karbohidrat kompleks, oat meal juga kaya akan serat. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, setidaknya anda harus mengkonsumsi 20 gram karbohidrat setiap hari. Sebagai alternatif, anda juga bisa memilih sumber-sumber makanan, seperti tepung dari padi-padian, ubi-ubian, bayam, brokoli, wortel, apel, atau jeruk.

Diet Vegetarian

Diet vegetarian merupakan diet dengan cara menghindari semua makanan yang berbahan dasar daging. Sebagai gantinya, anda harus memilih menu makanan berbahan dasar sayuran. Selain menyehatkan, sayuran juga kaya akan vitamin, mineral, zat besi, protein, dan tinggi serat. Jenis sayuran yang bisa anda konsumsi antara lain adalah paprika, tomat, brokoli, terong, dan lain lain. Selain itu, buah-buahan juga menjadi salah satu menu penting jika anda ingin melakukan program diet vegetarian.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menu utama dari diet vegetarian adalah buah dan sayur. Akan tetapi, semua itu tidaklah mencukupi. Pastinya, anda juga membutuhkan suplemen tambahan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengganti nutrisi yang hilang akibat kurangnya sumber protein hewani, khususnya yang berfungsi unutk mencukupi kebutuhan zat besi dan vitamin B kompleks.

Diet Makanan Mentah

Semakin lama bahan makanan di masak, maka akan semakin berkurang pula kandungan vitamin, nutrisi, dan protein yang ada di dalamnya. Karena alasan tersebut, banyak orang yang memilih untuk menjalankan diet makanan mentah. Oleh karena itu, mereka hanya memasak makanan yang hendak dikonsumsi di bawah panas 46 C. Namun, bagi anda yang bermasalah dengan makanan mentah, diet ini sangat tidak dianjurkan. Jika anda ingin menjalankan diet ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Informasi yang lengkap mengenai sumber makanan tersebut, karena 75 % makanan yang akan dikonsumsi dalam kondisi mentah dan 25 % dalam kondisi matang. Anda harus memastikan bahwa kondisi tubuh dan kesehatan anda tidak akan terganggu oleh metode diet ini.
  • Adaptasi, ketika memutuskan melakukan diet ini anda harus melakukan secara perlahan-lahan. Apalagi, sebelumnya anda harus terbiasa mengkonsumsi makanan matang dibandingkan makanan mentah. Hal ini penting untuk anda perhatikan agar sistem pencernaan dapat menerima dan mencernanya dengan baik
  • Peralatan yang higenis, pastikan bahwa semua peralatan yang anda gunakan untuk mengelola makanan tersebut dalam keadaan bersih

Diet Bland

Diet Bland merupakan jenis diet yang difokuskan pada makanan lunak serta rendah lemak dan serat. Biasanya, diet ini sangat tidak dianjurkan bagi orang yang mengalami gangguan pada saluran pencernaan.

Dalam diet bland, makanan yang hendak dikonsumsi sebaiknya dikukus terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar makanan tersebut lebih mudah dicerna oleh usus. Jenis makanan untuk diet bland seperti susu, yogurt, keju, sayuran dan semua jenis buah-buahan.

baca juga artikel : Penyebab dan pencegahan penyakit stroke usia muda…..