page contents

Gerhana Matahari Total CirebonGerhana Matahari Total | Fenomena yang jarang terjadi  bahkan bisa dibilang pengalaman sekali seumur hidup, gerhana matahari yang nanti akan terjadi yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari total diperkirakan baru akan terjadi lagi di Indonesia sekitar 350 tahun mendatang. Menurut LAPAN Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional “wilayah Indonesia  yang terkena Gerhana Matahari Total meliputi Provinsi Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Bangka- Belitung,




Gerhana matahari total adalah fenomena alam dimana posisi atau kedudukan matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Kedudukan matahari, bulan, dan bumi dalam satu garis lurus ini menyebabkan sebagian permukaan bumi akan terkena bayangan gelap bulan. Akibatnya wilayah-wilayah yang terkena bayangan gelap bulan, tidak melihat matahari.

Gerhana matahari total diprediksi pada tanggal 9 Maret 2016 untuk wilayah Indonesia barat, gerhana mulai pukul 06.20 WIB, sedangkan di Indonesia tengah dan timur pukul 07.25 Wita dan 08.35 WIT. Fase GMT rata-rata terjadi satu jam kemudian.

Bagaimana dengan wilayah Cirebon ? akankah dapat melihat Gerhana Matahari Total, khusus wilayah Cirebon dapat menikmati fenomena Gerhana Matahari Sebagian saja.

Apa yang  terjadi saat gerhana matahari total ?

Gerhana akan dimulai saat bulan perlahan menutupi piringan Matahari. Semakin lama semakin besar area piringan Matahari yang ditutupi Bulan. Sesaat sebelum memasuki fase total, sinar Matahari terakhir akan bersinar melewati lembah-lembah di permukaan Bulan.

Saat totalitas keadaan sekitar akan gelap seperti malam dengan Bulan Purnama. Langit di daerah cakrawala akan berwarna layaknya sore hari.

Hal yang harus di hindari saat gerhana matahari Total berlangsung ?

Melihat matahari langsung sangatlah berbahaya jika lama kelamaan dapat merusak lapisan retina  yang berisi syaraf sensitif, Kerusakan berupa pengelihatan kabur dapat dialami selama beberapa jam hingga beberapa minggu, namun kerusakan permanen dan kebutaan bisa saja terjadi. Di sarankan untuk memakai kacamata gerhana atau teleskop yang sudah dilengkapi filter.

Perubahan Perilaku Hewan ? Hanya Sementara

Hewan akan berperilaku seakan malam tiba. Karena itu, hewan malam akan bersiap-siap ke luar dan hewan yang berkeliaran di siang hari akan bersiap tidur.

Untuk jangka pendek dan jangka panjang, tidak ada pengaruh apapun dari Gerhana Matahari total.

Baca Juga : Jual produk anda secara online gratis