page contents

JUAL BELI CIREBON BERINTANSelain Waterland Cirebon, ada icon lain yang menjadi kebanggan Cirebon, yakni Kota Udang . Karena memang dari sini kita bisa menemukan berbagai macam santapan unik dan nikmat dengan bahan dasar udang. Hal itu dikarenakan Cirebon menjadi daerah penghasil udang terbesar di Indonesia. Selain menjadi penghasil udang.

Cirebon yang terkenal karena menyatukan kebudayaan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini, memiliki bahasa sendiri yang merupakan gabungan dari bahasa Jawa dan Sunda, ada kemiripan namun tak bisa dikatakan sama karena sudah mengalami akulturasi. Tetapi jika kita berkunjung ke Cirebon, tak perlu khawatir dengan bahasa, sebab bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua masyarakat, seperti kota lain di Indonesia.

Selain akulturasi budaya yang unik, Cirebon juga memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, misalnya saja wanawisata Ciwaringin, Desa Wisata Cikahalang, Keraton Kasepuhan dan juga tentu saja Ade Irma Suryani Waterpark, yang juga terkenal sebagai Waterland Cirebon. Pada masanya, Waterland Cirebon ini adalah ikonnya kota Cirebon dan sekarang pemerintah ingin mengembalikan kejayaan wahana edukasi rekreasi yang satu ini.




Waterland Cirebon Sejuta Keceriaan

Dulunya wisata Ade Irma ini merupakan tempat rekreasi yang lengkap dengan wahana kebun binatang, tetapi lambat laun berubah menjadi pusat wisata kuliner, penginapan dan juga kolam renang. Sebagai satu-satunya wahana rekreasi dan wisata yang berada dekat pantai di teluk Cirebon, tak heran jika banyak masyarakat lokal dan luar daerah berbondong-bondong berwisata kesini, sehingga membuat wisata Ade Irma jadi terkenal dan menjadi ikon kebanggaan Cirebon si Kota Udang.

Setelah dilakukan renovasi dan penambahan luas area wisata dari Taman Ade Irma Suryani, akhirnya aset milik Pemkot Cirebon ini diresmikan pada 1 Juli 2015 oleh Walikota Cirebon Nasrudin Aziz. Dengan lahan seluas 3 Ha, Waterland Cirebon ini diharapkan bisa mengembalikan kejayaannya di masa silam. Bagi pengunjung luar kota, WaterLand Ade Irma Cirebon ini terletak di Jalan Dipenogoro Kota Cirebon, sangat berdekatan dengan Kantor Bank Indonesia cabang Cirebon.

Ada tiga macam kolam air yang letaknya tak seberapa jauh dari pintu masuk, yakni waterboom anak, kolam arus untuk anak dan dewasa, serta kolam renang olimpic dengan kedalaman 1,5 meter untuk dewasa. Selain wahana permainan air, ada juga taman bermain darat dengan pasir putih seperti layaknya pantai, ada ayunan dan miniatur kapal yang terbuat dari kayu. Untuk menaiki kapal tersebut, pengunjung harus melewati jembatan rintangan dan tangga. Untuk menikmati semua wahana di Waterland ini, maka pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 50 ribu saja lho!




Selain kolam air dan taman darat, ada speedboat yang disewakan oleh manajemen Waterland Cirebon. Tak cukup sampai disitu, pengelola juga melengkali pusat wisata ini dengan restoran Jepang plus cottage  sebanyak 18 unit, dengan desain arsitektur ala rumah adat Minang, dan siap untuk kita tempati. Layaknya rumah adat Minang, dengan atap bentuk limas, berdiri di atas pantai dengan view laut yang indah dan konespnya sama dengan Pulau Seribu dan Pulau Dewata sana. Biaya sewa per harinya mulai dari 1,7 Rupiah.

Kunjungi Waterland Cirebon dan Nikmati Keceriaannya!

Penasaran ingin mengunjungi Cirebon Waterland? Bagi pengunjung dari luar kota, ambil jalan melalui pintu gerbang Tol Palimanan Cirebon, misalnya dari arah Jakarta  silahkan ambil rute Jalan Panglima Sudirman atau Jalan Raya Aryawinangun РPalimanan, pengunjung bisa sampai lokasi 35 menit kemudian. Sementara itu bila melalui arah Jawa Tengah, maka kita bisa mengambil rute Jalan Pantura. Jarak tempuhnya sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jadi tunggu apa lagi? Ayo berekreasi di Waterland Cirebon!