page contents

Jika kita perhatikan, saat ini bisnis kuliner di cirebon semakin variatif dan berkembang. Mungkin hal tersebut dipicu oleh semakin tingginya minat masyarakat terhadap berbagai macam perkembangan dibidang kuliner. Semakin banyak anak-anak muda yang kreatif menciptakan menu makanan yang unik sehingga masyarakat semakin tertarik untuk mencoba. Terlebih lagi, di Cirebon memang terkenal dengan masyarakatnya yang cenderung akan mudah penasaran jika ada hal yang baru.

Bisnis kuliner di cirebon pun sekarang semakin menggeliat. Jika kita lihat disekitar kota maka semakin marak gerai-gerai kuliner yang berdiri. Hal tersebut tidak mungkin terjadi jika masyarakat cirebonnya sendiri tidak meminatinya. Maka bisa kita telaah bahwa saat ini perkembangan bisnis kuliner di kota cirebon memang cukup memberikan prospek yang bagus. Tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bisnis kuliner yang bisa menjadi idola masyarakat cirebon. Pangsa utama dari bisnis kuliner biasanya adalah anak-anak muda yang memang dikenal sebagai pecinta kuliner dan suka menjajal hal-hal yang baru.




  • Bisnis kuliner di cirebon yang paling diminati

Jika tertarik untuk bisa menjalankan bisnis kuliner di cirebon maka ada beberapa jenis kuliner yang kemungkinan besar akan diminati masyarakatnya seperti:

– Mie koclok

Mie koclok merupakan sajian mie berkuah khas cirebon yang banyak disukai anak-anak muda. Mie ini terdiri dari mie kuning yang diberi tambahan kuah santan, telur, tauge dan irisan kol. Rasanya yang khas membuat pecinta kuliner susah untuk tidak menikmati makanan ini saat sedang berwisata kuliner. Apalagi para pendatang dari luar kota cirebon pun biasanya antusias untuk mencoba mie koclok ini. Jadi, makanan ini bisa menjadi salah satu jenis bisnis kuliner yang sangat diminati masyarakat baik masyarakat asli cirebon maupun pendatang.

– Eskrim duren

Sebenarnya eskrim duren di cirebon lebih dikenal dengan nama es duren yakni sejenis es puter yang ditambahkan dengan durian dan sirup. Namun sekarang banyak para pebisnis kuliner yang membaca peluang ini sehingga banyak yang memodifikasinya. Misalnya memodifikasi es puter yang pada awalnya hanya terdiri dari satu rasa. Sedangkan sekarang banyak juga yang menggantinya dengan eskrim dengan tampilan yang lebih kece sehingga semakin banyak peminatnya terutama anak-anak muda yang senang dengan tipe-tipe kuliner jajanan.

– Makanan khas Jepang

Bisnis kuliner di cirebon yang sedang menjadi tren adalah aneka makanan khas Jepang seperti takoyaki. Makanan khas Jepang ini biasanya dijual di cafe tempat hang out anak-anak muda ataupun di gerai-gerai kuliner. Makanan Jepang memang memiliki citarasa yang khas dan unik. Selain itu, kuliner khas Jepang juga memberikan sensasi rasa makanan sehat meskipun dihidangkan dalam porsi yang kecil. Ini bisa menjadi alternatif pilihan bisnis yang menjanjikan. Dengan begitu, cirebon tidak hanya kaya akan makanan asli khas daerah sendiri tapi semakin banyak variasi kuliner dari luar yang bisa dijajal.

Cirebon tidak hanya identik dengan kuliner tradisionalnya yang begitu melekat. Sekarang ini banyak inovasi bisnis kuliner yang semakin bervariasi yang datang dari luar. Bahkan tidak jarang banyak pebisnis kuliner kreatif yang menggabungkan citarasa kuliner asli khas cirebon dengan kuliner modern yang sedang tren. Hal tersebut tentu sah-sah saja untuk dilakukan karena bisa memperkaya bisnis kuliner yang prospeknya semakin bagus dan menjanjikan. Penggabungan budaya seperti ini bisa menjadi daya dobrak bagi perkembangan bisnis kuliner di cirebon yang lebih inovatif namun tidak menghilangkan ciri khas.