page contents

Belanja Online

Bagi anda yang super sibuk, belanja online merupakan pilihan yang tepat. Kemudahan mencari barang yang diinginkan dan tidak perlu repot mendatangi toko, menjadi alasannya. Beberapa tips yang dapat membatu anda belanja online dengan aman.

Baca juga : Rintis Bisnis Sambil Bekerja




  1. Gunakan Situs Yang Sudah Dikenal

Mulailah dengan situs yang sudah di kenal dan punya reputasi, dibandingkan mencari lewat mbah google. Bisa pula dengan mengecek kebenarannya tersebut lewat police online dan mengetik URL toko yang diinginkan. Hati-hati dengan salah ejaan atau huruf nama situs tersebut. Sebab, banyak situs jebakan dengan nama yang mirip atau berbeda hanya satu-dua huruf saja.

  1. Perhatikan adanya HTTPS://

Jangan pernah belanja online dengan menggunakan kartu kredit di sebuah situs yang tidak memiliki HTTPS://. Alamat situs yang bisa dipercaya selalu dimulai dengan HTTPS:// adanya HTTPS membuat informasi data pribadi, nomor kartu kredit dan rekening bank atau lainnya akan dienkripsi untuk menjamin keamanannya. Ingat pula, jangan sekali-kali mengirim nomor kartu kredit atau nomor lewat email.

  1. Proteksi Komputer Dengan Antivirus

Para penipu di dunia maya selalu siap mencuri data kita. Terkadang mereka memberikan pancingan untuk mengundang anda masuk ke situsnya. Karenanya, pastikan selalu memperbarui program antivirus di komputer anda.

  1. Hindari Komputer Umum

Jangan pernah menggunakan computer di tempat penyewaan computer untuk berbelanja online. Bila sangat terpaksa, pastikan computer sudah di log off setelah menggunakannya. Bagaimana bila menggunakan laptop sendiri, tetapi di tempat umum ? Bila anda harus memasukkan nomor kartu/rekening, pastikan layar laptop tertutup badan anda dari pandangan orang lain. Jangan lupa untuk selalu mematikan computer atau laptop usai bertransaksi.

  1. Teliti Kebijakan Situs

Teliti kebijakan situs tentang informasi data pribadi anda. Jangan sampai ada klausal yang membolehkan penggunaan data pribadi anda untuk pihak lain. Begitu pula tentang kebijakan pengembalian barang bila tidak sesuai dengan pesanan atau ada cacatnya.

  1. Baca Deskripsi Produk yang akan di beli

Jangan tergiur barang bermerek dengan diskon besar tanpa membaca deskripsi barang tersebut. Apalagi bila tawaran barang tersebut dating melalui email. Sebaiknya, bandingkan harga barang tersebut dengan situs belanja online lainnya yang terpercaya. Lebih baik lagi bila pembelian barang tersebut ada garansinya.

  1. Pertimbangan Cara Pembayaran

Pembayaran dengan kartu kredit memang bisa menjadi bukti bahwa anda sudah melakukan transaksi. Namun, dengan semakin maraknya pencurian data kartu kredit, akan lebih baik bila pembayaran dilakukan dengan cara transfer. Bisa juga anda memilih toko online yang memiliki fasilitas rekening bersama atau escrow. Fasilitas ini membuat uang yang telah ditransfer akan disimpan dahulu oleh pihak kedua. Jadi, bila barang yang anda terima tidak sesuai dengan pesanan, maka uang anda akan dikembalikan oleh pihak kedua.

  1. Simpan Bukti Transaksi

Jangan lupa untuk selalu menyimpan bukti transaksi yang telah anda lakukan. Begitu pula dengan kuitansi digital yan terkirim ke email antara anda dan pihak toko online.

Baca juga  : Tips dan Trik yang bermanfaat untuk anda