page contents

Berbicara tentang Tempat Wisata Cirebon, mungkin kita akan teringat akan tempat-tempat bersejarahnya. Hal ini karena Cirebon memang dikenal sebagai kota sunan. Begitu banyak peninggalan sejarah yang berhubungan dengan para wali songo beserta peradaban Islam di Indonesia. Cirebon mengalami begitu banyak kemajuan dan perkembangan di berbagai sektor mulai dari industri sampai pariwisata.  Sebelum membahas pariwisatanya, tidak ada salahnya jika kita sedikit mengulas tentang kota yang khas dengan terasinya ini.




Selain banyaknya Tempat Wisata Cirebon yang bisa dinikmati pengunjung, Cirebon merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Barat. Betapa tidak, lokasi dari Cirebon cukup strategis. Ia berada di Pesisir Utara Jawa yang lebih dikenal masyarakat sebagai jalur Pantura atau Pantai Utara. Dilihat dari tata letaknya, Cirebon sangat strategis karena sebagai jalur penghubung antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Banyak hal yang menarik jika kita mengupas tentang kota ini. Mulai dari kerajinan batiknya sampai pada kuliner khasnya yang banyak diburu para traveller. Untuk itu, mari kita bahas beberapa destinasi wisata di Cirebon yang bisa menjadi referensi berlibur anda selanjutnya.

Aneka Tempat Wisata Cirebon yang Menarik

         Banyak tempat-tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika bertandang ke Cirebon, Jawa Barat. Inilah dia beberapa diantaranya:

  1. Keraton Kasepuhan

Karena memiliki banyak penginggalan sejarah, tidak heran jika tempat wisata Cirebon memiliki keraton. Disinilah berbagai peninggalan sejarah tersimpan dengan rapi, namun bisa dilihat oleh para wisatawan yang hendak berkunjung. Keraton ini merupakan pusat pemerintahan pertama kesultanan yang ada di Cirebon. Kebersihan serta kenyamanan dan keamanan keraton ini sangat dijaga oleh pengurusnya sehingga tetap terawat dengan sangat baik meskipun sudah berusia tidak muda lagi. Bahkan semakin ramai saja pengunjungnya terutama diakhir pekan.

Keraton Kesepuhan

Pengunjung akan semakin ramai ketika memasuki tanggal 1 syawal. Pada saat itu, pengurus akan memandikan kereta kencana singa barong yang konon merupakan kereta kencana sunan Gunung Djati. Jika anda ingin menyaksikan ritual tahunan ini, anda harus siap-siap berdesakan dengan pengunjung lain. Namun tentu saja hal ini menjadi sensasi menyenangkan dikala berwisata. Untuk bisa masuk ke keraton Kasepuhan, anda bisa membeli tiketnya dengan harga yang terjangkau yaitu Rp15.000 saja per orang. Anda bisa berkeliling melihat-lihat sambil menambah wawasan mengenai sejarah kota Cirebon.

Bagi anda yang ingin ke Keraton Kesepuhan dapat mengunjungi di alamat Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

  1. Keraton Kanoman

Selain keraton Kasepuhan, ada juga Keraton Kanoman yang tidak kalah menariknya. Dimasa lalu, keraton Kanoman merupakan kediaman yang ditinggali oleh wakil sultan. Namun sekarang tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang digandrungi para wisatawan. Banyak sekali barang-barang peninggalan sejarah yang bisa kita lihat disini. Bagi anda para penyuka hal-hal yang berbau sejarah sebaiknya sempatkan mampir ke keraton ini karena anda akan dimanjakan dengan berbagai bangunan tua dan barang bersejarah.

Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman yang merupakan salah satu dari kumpulan tempat wisata Cirebon berada di kampung Kanoman, tepatnya di jalan Winaon, kecamatan Lemah Wunguk, kabupaten Cirebon. Jika di keraton Kasepuhan terdapat kereta kencana singa barong milik sunan Gunung Djati, di keraton Kanoman juga tersimpan dua kereta kencana Paksi Naga Liman dan Jempana. Untuk bisa masuk ke keraton Kanoman anda tentunya harus membeli tiketnya terlebih dahulu. Namun tidak perlu khawatir karena harga tiket masih terjangkau.

Bagi anda yang ingin ke Keraton Kanoman dapat mengunjungi di alamat Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk.

  1. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman ini konon dahulu merupakan tempat keluarga raja untuk menenangkan diri atau mencari kedamaian. Yang bisa anda kunjungi ditempat ini adalah Pesanggrahan dan juga gua. Lokasi taman ini berada di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Cirebon. Disini anda bisa menjelajahi pesanggarahan yang isinya terdiri dari berbagai ruangan jaman kerajaan dahulu. Kemudian anda juga bisa jalan-jalan kedalam gua yang jika dari luar tampak seperti candi.

Gua Sunyaragi Cirebon

Bagi anda yang ingin ke Taman Sari Gua Sunyaragi dapat mengunjungi di alamat Jl By Pass Brigjen Dharsono, Cirebon, Indonesia.

  1. Kampung Batik Trusmi

Cirebon dikenal masyarakat Indonesia bahkan dunia sebagai penghasil kerajinan batik berkualitas. Trusmi merupakan sentra kerajinan batik terbesar di Cirebon yang sudah menjadi salah satu dari kumpulan Tempat Wisata Cirebon. Lokasinya berada di kecamatan Plered. Disini anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Mulai dari batik tulis mega mendung yang khas, sampai oleh-oleh khas Cirebon seperti ikan asin, terasi, atau makanan lainnya. Tidak perlu khawatir karena di Trusmi harganya masih terjangkau. Yang menarik, anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan batik tulisnya yang dikerjakan para pengrajin lokal.

kampung batik trusmi

Bagi anda yang ingin ke Kampung Batik Trusmi dapat mengunjungi di alamat Jalan. Raya Trusmi Plered Trusmi Kabupaten Cirebon

  1. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan atau Air panas Palimanan merupakan wisata air panas yang cukup ramai dikunjungi wisatawan sebagai salah satu kumpulan Tempat Tempat Wisata Cirebon. Untuk anda yang ingin menghilangkan rasa lelah sehabis puas berwisata di Cirebon, sebaiknya mengunjungi tempat pemandian air panas ini. Air panas yang asli berasal dari sumbernya ini mengandung belerang. Sehingga banyak masyarakat yang percaya bahwa dengan mandi disini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit khususnya penyakit kulit.

Banyu panas palimanan

Bagi anda yang ingin ke Banyu Panas Palimanan dapat mengunjungi di alamat Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Cirebon.

  1. Wisata religi Sunan Gunung Jati

Bagi anda yang ingin berwisata sekaligus menghibur rohani. Maka cirebon bisa jadi pilihan. Salah tempat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang sekaligus melakukan perjalanan ruhani adalah komplek makam sunan gunung jati. Di tempat ini selain berjiarah, kita juga bisa menikmati aneka makanan khas cirebon, batik, kaos, busana muslim, dan oleh-oleh wisata cirebon lainnya yang menarik.

wisata Cirebon Gunung Jati

Selain makan sunan gunung jati, wisata ruhani lainnya di cirebon masih banyak lagi. Selain terkenal dengan daerah seribu pondok, cirebon juga memiliki berbagai tempat wisata rohani yang beragam.

Bagi anda yang ingin ke wisata religius sunan gunung jati dapat mengunjungi di alamat Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Kalisapu, Cirebon

  1. Waterboom Siwalk

Bagi yang menyukai waterboom, terdapat banyak kumpulan Tempat Wisata Cirebon yang menyediakan arena waterboom, salah satunya adalah Siwalk waterboom, yang berlokasi di desa Setu Patok, kecamatan Mundu. Yang menarik dari waterboom ini adalah lokasinya yang menyuguhkan pemandangan asri nan alami. Karena dikelilingi sawah serta bukit-bukit kecil yang hijau. Ragam wahana bisa dinikmati oleh anda dan keluarga di waterboom ini.

waterpark Siwalk Cirebon

Mengapa Memilih Kumpulan Tempat Wisata Cirebon

Dari sekian banyak kota mengapa Cirebon layak untuk dikunjungi? Inilah beberapa alasan yang membuat Cirebon layak untuk anda jadikan destinasi wisata selanjutnya:

  • Lokasi yang strategis akan mempermudah wisatawan untuk menjelajahi kumpulan Tempat Wisata  Cirebon.
  • Banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam sampai wisata belanja (mall Cirebon)
  • Akses transportasi yang mudah membuat wisatawan tidak akan kehilangan untuk menjangkau Cirebon.
  • Menambah wawasan kita karena banyak sejarah yang bisa kita pelajari.

Banyak hal yang bisa kita lakukan selama berwisata di Cirebon. Untuk rwisata alam, ada danau, pantai dan pemandian air panas. Jika ingin berwisata belanja, bisa mengunjungi Trusmi. Dan jika ingin mempelajari sejarah maka bisa mengunjungi keraton. Semua ragam wisata tersedia di Cirebon yang siap memanjakan kebutuhan liburan anda dan keluarga. Itulah beberapa referensi Tempat Wisata Di Cirebon yang menarik untuk dikunjungi.

Bagi anda yang belum memiliki kendaraan untuk wisata di Cirebon, berikut informasi tips memilih rental mobil murah di Cirebon