page contents

Tanggal 21 Februari 2016 Ritel Modern di wilayah Cirebon telah menerapkan kantong plastik  berbayar tidak hanya di Cirebon saja tapi di beberapa kota lainnya seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Bali, dan lainnya. Jika anda berbelanja di Ritel Modern wilayah Cirebon pasti dikenakan biaya tambah Rp. 200/kantong plastik.

Tahukah anda ? Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan surat edaran Nomor S.1230/PSLB3-PS /2016 tentang Harga dan Mekanisme Penerapan Kantong Plastik Berbayar. Konsumen harus membayar Rp 200 untuk kantong plastik yang digunakan.Program ini di gagas untuk menekan penggunaan plastik saat berbelanja.




Plastik mempunyai dampak negatif jika masyarakat membuang sampah plastik sembarangan ke sungai, kali dan lainnya. Plastik sangat sulit diurai karena memiliki sifat sulit terdegradasi (non-biodegradable). Plastik diperkirakan membutuhkan waktu diatas 50 tahun hingga dapat terurai dengan sempurna hal ini mengakibatkan mencemari tanah, air, laut hingga udara.

Bayangkan berapa banyak plastik yang terdapat di sungai-sungai , selokan, jalanan dan lainnya. Jika musim hujan tiba dan siap-siap banjir aliran air menjadi tersumbat. Mulailah untuk tidak membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah pada tempatnya.

banjir cirebon plastik




Sudah saat anda untuk mulai mencintai lingkungan dengan membawa kantong sendiri bisa terbuat dari anyaman, kain atau yang lainnya. Jika anda tidak mau repot bawa kantong belanjaan dari rumah mintalah dus bekas untuk membungkus barang belanjaan anda ritel modern sudah menyediakan secara gratis.

Baca juga informasi : Bisnis