page contents

Makanan siet sehat rendah lemakBerikut adalah beberapa makanan diet sehat rendah lemak yang baik bagi kesehatan, antara lain : 5 macam cara diet sehat.

  • Tahu

Tahu merupakan makanan yang dihasilkan dari kacang kedelai. Manfaat sangat baik untuk kesehatan serta memiliki nilai gizi tinggi untuk tubuh. Tahu memiliki kandungan protein nabati yang tinggi, rendah lemak dan memiliki komposisi asam amino paling lengkap. Selain itu, tahu juga dipercaya memiliki daya cerna tinggi dalam tubu yaitu sebesar 85-98 %. JIka dibandingkan dengn ikan, daging dan telur tahu mememang memilki kandungan gizi yang lebih rendah. Akan tetapi, karena harganya yang terjanggkau, tahu menjadi salah satu menu favorit sekaligus makanan pengganti protein hewani.

  • Pasta Gandum

Gandum merupakan salah satu jenis padi-padian yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai makanan pokok sehari-hari. Saat ini, gandum banyak dijadikan menu makanan yang salah satunya berbentuk pasta. Pasta yang terbuat dari gandum biasanya memiliki rasa yang manis. Selain itu, gandum juga memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah lemak, serta kaya akan vitamin, mineral, folat dan mudah dicerna oleh usus. Karena sifatnya yang mudah dicerna, gandum bisa dijadikan sebagai pengganti makanan berat yang cocok untuk dikonsumsi saat diet. Protein dan zat besi pada gandum juga mampu menjadi antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, makanan olahan berbahan dasar gandum juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.

  • Kentang Panggang

Kentang merupakan makanan yang banyak dikonsumsi sebagai cemilan maupun makanan pokok. Kentang memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kentang juga rendah lemak, kaya vitamin C dan dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, jantung, serta kulit.

Disamping kandungan-kandungan tersebut, kentang juga kaya akan beberapa zat gizi berikut :

  1. Vitamin B6 yang diyakini mampu mencegah penyakit jantung, batu ginjal, sindrom, dan juga depresi mental.
  2. Kalium yang dipercaya dapat mengatasi tekanan darah tinggi.
  3. Besi dan tembaga yang berkhasiat unutk mengatasi pusing, sakit kepala, dan anemia.
  4. Karbohidrat yang mampu menjadi asupan energy yang dibutuhkan tubuh.
  5. Serat yang dipercaya dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan.

Meskipun demikian, kentang hanya akan berfungsi baik sebagai diet rendah lemak jika disajikan dalam bentuk kentang panggang.

  • Madu

Pembahasan terakhir mengenai makanan diet sehat rendah lemak. Madu merupakan cairan kental berwarna kuning keemasan yang berasal dari lebah dengan rasanya yang khas. Rasa manis pada madu dihasilkan oleh kandungan monosakarida fruktosa dan juga glukosa. Oleh sebab itu, rasanya hamper sama dengan gula. Dibalik semuanya itu, ternyata madu juga memiliki khasiat bagi kesehatan.

Kandungan yang terdapat pada madu antara lain adalah karbohidrat, glukosa, fruktosa dan antioksidan. Selain itu, kandungan gulanya bisa diserap dengan cepat oleh sistem pencernaan dan bisa berfungsi sebagai antibiotik yang dapat mengatasi masalah-masalah kesehatan berikut :

  1. Mampu mengalahkan bakteri yang mematikan
  2. Mengatasi hidung tersumbat
  3. Sebagai obat luka bakar atau luka yang disebabkan oleh tusukan benda tajam
  4. Meningkatkan antioksidan dalam tubuh
  5. Menangkal kuman pathogen yang dapat menyebabkan penyakit infeksi.

Baca juga artikel : Penyebab dan pencegahan stroke usia muda