page contents

Dahulu penyakit stroke kecenderungan diderita oleh  usia di atas 50 tahun. Namun sekarang kecenderungan juga diderita oleh usia di bawah umur 40 tahun, lalu apa penyebabnya usia di bawah umur 40 tahun terkena penyakit stroke ? perubahan gaya hidup terutama pada usia muda perkotaan modern seperti mengkonsumsi makanan siap saji (Fast Food), memakan yang berlemak yang berlebihan (daging kambing), kebiasan merokok, minuman ber alkohol, kerja berlebihan, stress  dan kurang olah raga. Perubahan gaya hidup tersebut merupakan factor-faktor risiko penyakit stroke.

Apakah menghindari makanan dan pola yang dijelaskan diatas bisa terkena Penyakit Stroke ? bisa saja terkena ujar dr. Susilo Harismunandar, Sp.BS,  karena yang sudah dijelaskan diatas ada faktor lain yaitu riwayat hipertensi dan riwayat keluarga. Bagi masyarakat khususnya yang masih berusia di bawah 40 tahun agar menjaga pola hidup sehat dan mengendalikan faktor-faktor risiko stroke pada usia muda.

Faktor penyebab Penyakit stroke yaitu :

  • Faktor risiko medis : Faktor hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi), kolesterol, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga (faktor keturnan) dan migren (sakit kepelah sebelah).
  • Faktor risiko perilaku : Faktor kebiasaan merokok (akti dan pasif), menkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol gemar mengkonsumsi makanan tidak sehat (fast food dan junk food), jarang olah raga, kontrasepsi oral, narkoba dan obesitas.

Gejala Penyakit stroke dan tandanya :

  • Penglihatan mendadak kabur (mata)
  • Sering Pusing / sakit kepala tanpa diketahui sebabnya.
  • Pingsan mendadak dan hilang kesadaran.
  • Kelumpuhan anggota gerak : Bila seseorang tiba-tiba merasa kehilangan kekuatan pada bagian tubuh tertentu.
  • Mendadak Wajah Perot : bicara pelo dan Bibir menyon,

Cara Pencegahan Penyakit Stroke Sejak Dini :

  1. Makanan Sehat

Hindari makanan fast food dan junk food, daging merah yang berlebihan (daging berlemak) karena lemak jenuhnya bisa membuat pembuluh darah mengeras. Perbanyak makan 4 sehat 5 sempurna.

  1. Sering berolahraga secara teratur

Jika anda orang yang sibuk luangkan waktu seminggu 3 kali untuk melakukan olahraga di pagi atau sore hari. Melakukan aktivitas fisik secara teratur membantu Anda menurunkan tensi darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah.

  1. Hindari dan hentikan kebiasaan merokok

Ini kebiasaan semua kalangan baik yang muda dan suda berumur, kurangi kebiasan merokok secara perlahan kalau ini sering dilakukan akan menghentikan kebiasan merokok. Kebiasaan ini dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan membuat darah Anda menjadi mudah menggumpal. Bersyukurlah bagi yang sudah berhenti atau yang belum sama sekali jangan dilakukan kembali.

  1. Atasi dan kendalikan stres dan depresi

Biasanya bertempat tinggal di wilayah perkotaan rutinitas kerja yang berlebihan sampe lupa untuk beistirahat, saatnya meluangkan waktu untuk refreshing bersama keluarga atau teman. Stres dan depresi dapat menggangu bahkan menimbulkan korban fisik. Jika tidak teratasi, dua hal ini pun dapat menimbulkan problem jangka panjang.

  1. Kurangi Berat badan berlebih

Memiliki badan gemuk atau obesitas akan meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke. Mulailah menjaga pola makan dan kurangi makan yang berlebihan

  1. Kurangi dan hilangkan kebiasan alkohol

Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu menguranginya berarti menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi.

  1. Periksakan tensi darah secara rutin

Periksa minimal 1 bulan sekali ke rumah sakit, puskesmas atau klinik terdekat agar dapat mengontrol pola hidup. Tekanan darah yang tinggi bisa membuat pembuluh darah Anda mengalami tekanan ekstra. Walaupun tidak menunjukkan gejala, ceklah tensi darah secara teratur.

  1. Kendalikan penyakit jantung

Kalau Anda memiliki gejala atau gangguan jantung seperti detak yang tidak teratur atau kadar kolesterol tinggi, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Mintalah saran dokter untuk langkah terbaik.

Untuk sekedar berjaga-jaga catat rumah sakit terdekat di hp anda (Daftar rumah sakit di Cirebon)