page contents

BISNIS DI CIREBON

Mengenal lebih jauh mengenai prospek bisnis di cirebon yang semakin menguntungkan bisa menjadi peluang usaha. Bisnis memang beragam jenisnya. Selain jenisnya, tempat usaha atau bisnis itu dijalankan juga sangat menentukan tingkat keberhasilan. Cirebon memang sudah bukan sekedar kota udang saja. Ia telah tumbuh menjadi kota industri yang bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakatnya. Lalu begaimana dengan peluang usaha di cirebon? Apakah memiliki prospek yang bagus atau justru sebaliknya?

         Jika bicara prospek bisnis di cirebon, peluangnya bisa dikatakan cukup tinggi . Cirebon sudah semakin tumbuh menjadi kota besar dan bukan hanya masyarakat asli yang tinggal, namun banyak juga para pendatang yang ingin memulai bisnis. Banyak sektor yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan peluang usaha. Namun tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah menggali terlebih dahulu mengenai potensi apa yang ada di cirebon yang bisa dimanfaatkan itu. Selain itu, harus ditentukan pula pangsa pasarnya siapa.

Prospek bisnis di cirebon yang semakin menguntungkan

Berikut beberapa prospek bisnis di cirebon yang dirasa bisa mendatangkan keuntungan sesuai dengan potensi yang ada di cirebon itu sendiri:

  • Bisnis kuliner

         Cirebon sudah terkenal dengan sebutan ‘kota udang’ karena hasil tangkapan lautnya yang melimpah seperti ikan, udang, kepiting, dsb. Potensi alam yang begitu melimpah bisa dijadikan potensi bisnis yang menguntungkan. Membuka bisnis dibidang kuliner khususnya seafood bisa menjadi hal yang menjanjikan untuk dicoba. Banyak anak muda pecinta kuliner di cirebon yang bisa dijadikan pangsa pasar. Olahan seafood yang dijual bisa mengadaptasi menu dari luar seperti makanan khas Jepang dengan bahan utama hasil tangkapan laut Cirebon.




  • Agrobisnis

         Agrobisnis merupakan salah satu prospek bisnis di cirebon yang semakin menguntungkan. Hal ini mengacu pada tingginya permintaan ekspor buah tropis dari mancanegara dan belum bisa terpenuhi 100% oleh Indonesia. Cirebon banyak menghasilkan buah tropis seperti mangga gincu dan pisang. Khususnya mangga gincu, permintaannya semakin tinggi. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjalankan usaha dibidang perkebunan seperti ini. Jika kesulitan untuk mengolah sendiri perkebunan mangga dan karena biayanya tidak sedikit maka bisa memulainya dengan mengumpulkan hasil panen buah dari setiap pemilik pohon buah. Hal tersebut tentu jauh lebih mudah untuk dilakukan.

  • Bisnis penggilingan padi

         Bisnis ini mungkin jarang dilirik oleh masyarakat padahal ia memiliki peluang yang cukup tinggi untuk menghasilkan keuntungan. Membuka jasa penggilingan padi di cirebon memiliki prospek yang cerah. Pasalnya, di cirebon masih kekurangan jasa penggilingan padi sehingga saat musim panen para petani kesulitan untuk mengolah padinya menjadi beras untuk dijual. Adapun jasa penggilingan padi hanya beberapa saja dan dipastikan akan penuh saat musim panen tiba sehingga petani menggilingnya keluar kota cirebon. Maka kelangkaan ini bisa menjadi peluang yang baik untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan.

         Memulai bisnis sebenarnya tidak harus langsung yang bermodalkan besar. Menjalankan bisnis kecil-kecilan bisa dilakukan sebagai langkah awal yang baik. Terburu-buru menentukan bisnis tanpa memperhatikan jenis, kemampuan, tempat serta peluang hanya akan membuat kita cepat juga mengalami ketidakstabilan.

         Begitupun jika ingin memulai bisnis di cirebon. Pastikan untuk mengenal kondisi alamnya, sosial masyarakat, serta lokasi-lokasi yang bisa dijadikan tempat usaha. Dengan begitu bisnis bisa dijalankan dengan lebih matang dan terencana. Maka sebenarnya prospek bisnis di cirebon bisa menguntungkan dan tahan lama jika ditemukan peluang yang tepat.