page contents

Tips Memilih AC Cirebon

Salah memilih merk AC terbaik justru bisa merugikan diri sendiri . AC berisik, pemakaian listrik yang melonjak, mudah rusak dan gangguan  pernapasan bisa dialami bila AC yang dipilih kurang bagus Waspadai pula AC yang tidak bergaransi. Jika terjadi kerusakan, tidak ada yang mempertanggung jawabkan AC.

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membeli merk AC terbaik adalah besaran listrik pada AC. Semakin tinggi voltase atau waat, berarti biaya untuk kebutuhan listrik akan semakin tinggi. Oleh karena itu, pilih AC yang berdaya rendah. Selain itu, ada biaknya membeli AC yang telah dilengkapi dengan teknologi inverter. Teknologi ini dapat dapat membantu mengurangi konsumsi listrik. Bahkan, mengurangi energy listrik untuk AC bisa mencapai sekitar 30 persen.

Selanjutnya, pilihlah AC sesuai dengan ukuran ruangan. Semakin besar ruangan dalam rumah, ukuran AC pun sebaiknya lebih besar. Perhatikan pula daya AC dan kemampuannya dalam mendinginkan ruangan. Pastikan anda telah mengetahui ukuran ruangan sebelum menentukan pembelian AC. Disamping mengetahui ukuran ruangan, pertimbangan peletakan AC. Pastikan AC ditempatkan di lokasi yang tidak mengganggu elemen dekoratif dalam ruangan. Lokasi paling bagus adalah di dekat  jendela. Dengan demikian, pemasangan pipa AC akan lebih mudah. Pilih pula lokasi yang tepat untuk menempatkan mesin AC di luar ruangan. Pastikan tempat mesin AC cukup kokoh dan lokasinya mudah dijangkau. Ini akan memudahkan dalam pembersihan AC secara rutin.

Perhatikanlah fitur-fitur pada AC. Sebaiknya pilih jenis merk AC terbaik yang dapat membantu memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Fitur penyaring partikel debu pada AC juga diperlukan. Terkadang sejumlah AC hanya bersifat memutar udara tanpa penyaring. Jadi belilah AC dengan filter yang berkualitas. Sejumlah AC keluaran terbaru biasanya menawarkan fitur-fitur seperti filter virus dan sistem unutk penyaring efek negative sinar ultraviolet. Tidak jarang, AC membuat ruangan menjadi terasa kering. Hal ini membuat penghuni akan mengalami gejala-gejala sepeti kulit terasa kering, bibir pecah-pecah, mata perih dan nafas yang tidak nyaman.  Oleh karena itu, pastikan memilih AC yang tepat dan mempunyai fungsi untuk membantu kelembaban udara.

Perawatan AC tidak boleh dilupakan. Setelah mencermati masa garansi AC, ketahuilah cara perawatan AC. Paling tidak bersihkan AC sekitar 3 bulan sekali. Namun, bila AC bermasalah, jangan tunggu waktu lama. Segera cek kondisi AC. Perbaikilah komponen AC yang rusak. Langkah-langkah ini akan membantu AC lebih awet dan tahan lama. Biasakannya tidak terlalu sering mengubah pengaturan suhu pada remote AC. Kebiasan mengganti-ganti suhu terlalu sering bisa membuat AC lebih mudah rusak. Akan lebih baik bila anda mengatur AC dalam suhu yang konstan. Apabila suhu sering dirubah, sebaikknya jangan terlalu sering.

Baca juga artikel : wisata ke Cirebon